Senin, 28 Maret 2016

TUGAS UAS




Pertemuan 11
SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
(SCM)

            Sebuah rangkaian atau jaringan perusahaan-perusahaan yang bekerja secara bersama-sama untuk membuat dan menyalurkan produk atau jasa kepada konsumen akhir.rangkaian atau jaringan ini terbentang dari penambang bahan mentah sampai retailer/toko.
Dalam sebuah SC terdapat tiga aliran :
Ø  Material
Ø  Informasi
Ø  Uang / dana
Beberapa issu penting
Ø  Aliran material/produk adalah sesuatu yang komplek
Ø  Munculnya SCM dilator belakangi oleh perusahaan dalam lingkungan bisnis
Ø  SCM pada hakikatnya adalah sinkronisasi dan koordinasi aktifitas-aktivitas yang berkaitan dengan aliran material,baik yang ada dalam satu organisasi maupun antar organisasi
SCM adalah manajemen terhadap aliran anatar dan di atara tahapan supply chain untuk memaksimalkan profitabilitas keseluruhan supply chain.
Fungsi Supply CM
Ø  SCM secara fisik mengkonversi bahan baku menjadi produk jadi dan menghantarkannya ke pemakai terakhir
Ø  SCM sebagai mediasi pasar yakni memastikan bahwa apa yang di suplai oleh rantai supply mencerminkan aspirasi pelanggan atau pemakai akhir tersebut.
 
7 Prinsip dalam SCM
·         SEgmentasi pelanggan berdasarkan kebutuhannya
·         Sesuaikan jaringan logistic untuk melayani kebutuhan pelanggan yang berbeda
·         Dengarkan signal pasar
·         Kelola sumber suplai secara startegis
·         Kembangkan strategi teknologi untuk keseluruhan rantai supply chain
Pertemuan Ke -2
ONLINE SHOP
       Video Marketing merupakan strategi pemasaran online yang seringkali tidak dimanfaatkan. Padahal metode ini bisa memberikan dampak besar, pada kesuksesan bisnis online. Membuat video untuk pemasaran relatif mudah dilakukan dengan menggunakan anggaran relatif kecil. Dengan melakukan cara yang tepat, maka strategi promosi dengan video ini akan lebih efektif. Apa saja tips yang bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan pemasaran melalui video.
A.Mengupload
       Youtube adalah media sosial yang sangat menunjang dalam pemasaran video. Situs sharing video ini memang sangat populer dan paling banyak dimanfaatkan pengguna internet. Terbukti banyak artis terkenal yang mencuat namanya berkat media sosial ini, termasuk bisa meningkatkan popularitas brand atau produk dan layanan bisnis tertentu.  Pastikan dalam video tersebut menjelaskan secara menarik produk dan layanan bisnis yang ditawarkan.

        Jangan lupa untuk memasang logo atau nama brand bisnis Anda. Sehingga sekaligus mempromosikannya secara meluas dengan cara gratis. Semakin bermanfaat dan menarik video yang dibuat, maka akan meningkatkan popularitasnya. Google Search Engine juga akan lebih menemukannya dan merekomendasikan kepada pengguna internet mengenai konten video tersebut. Cara Digital Marketing ini sangat mudah dikerjakan, tapi membutuhkan konsistensi dalam kurun waktu tertentu.
B.Menulis judul video yang memikat

         Untuk menciptakan judul video yang memikat, sangat penting untuk melakukan riset kata kunci atau keyword. Guna membantu kebutuhan ini, Anda bisa menggunakan aplikasi Google Adwords. Aplikasi ini sangat membantu dalam menemukan kata kunci yang berhubungan dengan produk dan layanan bisnis Anda. Termasuk mengetahui kata kunci apa yang membuat orang mengunjungi website bisnis Anda. Setelah itu Anda bisa merangkai kata kunci itu dengan kata lainnya. Sehingga terbentuk judul yang memikat orang untuk mengikuti atau menonton video hingga akhir.

        Aplikasi Google Keyword Planner tersebut banyak diandalkan pakar SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan popularitas sebuah web dan menentukan judul konten website secara tepat. Salah satunya sebagai judul video untuk kebutuhan pemasaran bisnis. Selain menampilkan judul yang memikat, Anda juga bisa sekaligus mencantumkan nomor telepon. Sehingga bagi penonton yang tertarik dengan promosi di dalam video pemasaran itu bisa dengan mudah dan cepat menghubungi Anda.

Memberikan transkripsi pada video

        Agar video pemasaran lebih optimal fungsinya, bisa melakukan transkripsi pada video tersebut. Untuk kebutuhan ini bisa memanfaatkan jasa transkripsi atau melakukannya sendiri. Kalau transkripsi telah selesai, kemudian bisa memostingnya di Youtube. Selain itu bisa juga memberikan kutipan dari transkripsi tersebut dalam penjelasan video pemasaran tersebut. Menyematkan transkripsi di dalam postingan web atau blg lain juga bisa dilakukan.

Menyertakan link menuju website

         Sebelum memosting video pemasaran, sangat penting untuk menambahkan link website Anda. Sehingga pengunjung bisa mendapatkan penjelasan lebih banyak mengenai produk dan jasa yang ditawarkan. Cara ini sangat efektif untuk mendukung strategi Internet Marketing. Konversi pembelian akan terjadi lebih tinggi dengan penerapan strategi ini. Karena trafik pengunjung ke website bisnis juga semakin besar. Sehingga popularitas di web di mesin pencari juga semakin besar. Kondisi ini akan mempermudah target konsumen untuk menemukan web bisnis tersebut di mesin pencari.

       Di dalam web bisnis sangat disarankan untuk mencantumkan kutipan deskripsi mengenai bisnis Anda. Kutipan itu setidaknya mencantumkan nama bisnis, nomor telepon alamat dan segala hal yang berhubungan dengan produk bisnis yang ditawarkan. Profil bisnis sangat penting ditampilkan, untuk meningkatkan kepercayaan konsumen pada produk dan jasa yang ditawarkan. Untuk mendukung promosi, menerapkan Search Engine Marketing juga solusi yang tepat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar